Rabu, 03 Oktober 2018

MEMBUAT GRAFIK/OBJEK MENGGUNAKAN JAVA PADA NETBEANS




AMIK PGRI KEBUMEN - Grafika Komputer - Jobsheet1
Laporan Hasil Jobsheet 1
"MEMBUAT GRAFIK/OBJEK MENGGUNAKAN JAVA PADA NETBEANS"
Dosen Pengampu Imanaji Hari Sayekti, S.Pd., M.Pd.





Oleh :
Nama      : Hasan Ali Maspur
Nim         : 17.MI.0008
Jurusan   : Manajemen Informatika

AMIK PGRI KEBUMEN
2018





Selamat pagi sobat, kali ini saya akan membagikan sedikit ilmu tentang bagaimana cara membuat grafik/objek menggukan Java pada aplikasi Netbeans.

Saya akan membuat grafik seperti dibawah ini.



Seperti biasa buka aplikasi Netbeans terlebih dahulu, kemudian klik New Project, pilih Java - Java Application. Klik Next.


Isikan pada Project Name atau terserah mau diberi nama apa sesuai masing-masing. Kemudian klik Finish.


Kemudian buatlah Package dengan nama jobset1 dengan cara klik kanan pada Source Packages - New - Java Package.



Beri nama Jobsheet1 pada Project Name, kemudian klik Finish.




Kemudian buatlah Class dengan cara klik kanan pada package yang tadi dibuat (Jobset1) - New - Java Class



Pada Class Name, isikan latian1 (terserah), selanjutnya klik Finish.




Buka latian1.java, ketikkan kode di bawah ini
package jobset1;

/**
 *
 * @author ASUS
 */
import java.awt.*;
import javax.swing.*;
/**
 *
 * @author ASUS
 */
public class latian1 extends JApplet {
    /**
     * @param args the command line arguments
     */
    public static void main(String[] args){
        // TODO code application logic here
       
        JFrame frame = new JFrame();
        frame.setTitle("Judul");
        frame.setDefaultCloseOperation(JFrame.EXIT_ON_CLOSE);
        JApplet applet = new latian1();
        applet.init();
        frame.getContentPane().add(applet);
        frame.pack();
        frame.setVisible(true);
    }
public void init()
    {
    JPanel panel = new Panel2D();
    getContentPane().add(panel);
    }
}
class Panel2D extends JPanel
{
public Panel2D()
{
    setPreferredSize(new Dimension (801, 451));
    setBackground(Color.pink);
}
public void paintComponent (Graphics g)
{
    Dimension d = getSize();
    int maxX = d.width-1; int maxY =d.height-1;
    super.paintComponent(g);
    Graphics2D g2 = (Graphics2D)g;
    g2.drawRect(100, 100, 200, 200);
    g2.drawLine(100, 200, 200, 200);
    g2.drawLine(300, 200, 200, 200);
    g2.drawLine(200, 100, 200, 200);
    g2.drawLine(200, 200, 200, 300);
}
}






Setelah selesai kemudian tekan Shift + F6 untuk me-Run projects.
Selanjutna akan tampil seperti ini :


.

Sekian, semoga bermanfaat. :)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MEMBUAT ANIMASI 3D TickTockCollision MENGGUNAKAN JAVA CLASS PADA NETBEANS

AMIK PGRI KEBUMEN - Grafika Komputer – Jobshet11 Laporan Hasil Jobshet11 "MEMBUAT ANIMASI 3D  TickTockCollision "  MENGGUNA...